Home » article » Selamat! Atas Diwisudanya 653 Mahasiswa/i IKIP Mataram pada Tahun Akademik 2016/2017 Periode II

Selamat! Atas Diwisudanya 653 Mahasiswa/i IKIP Mataram pada Tahun Akademik 2016/2017 Periode II

Suasana Pelaksanaan Wisuda IKIP Mataram Periode II Tahun Akademik 2016/2017

Suasana Pelaksanaan Wisuda IKIP Mataram Periode II Tahun Akademik 2016/2017

Rabu, 3 Mei 2017. Adalah hari dimana pelaksanaan wisuda sarjana jenjang strata 1 (S1) dan program pascasarjana magister (S2) digelar. Bertempat di hall hotel Lombok Raya Mataram. Kali ini ada 553 wisudawan/wati dari S1 di empat fakultas di IKIP Mataram, yakni Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam dan Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni. Sedangkan dari Program Pascasarjana program studi magister (S2) Pendidikan Bahasa Inggris terdapat 10 orang wisudawan/wati.

Dalam pelaksanaan wisuda kali ini, selain dihadiri oleh pihak Yayasan Pembina IKIP Mataram, juga dihadiri oleh rektor IKIP Mataram, Prof. Drs. H. Toho Cholik Mutohir, MA., Ph.D, wakil rektor I Dr. Jamaluddin, M.Pd., wakil rektor II Dr. Hj. Jumailiyah, MM., wakil rektor III Ir. Subagio, M.Sc. Jajaran dekan dan direktur program pascasarjana di lingkungan IKIP Mataram, yakni dekan FPBS Muliani, M.Pd., dekan FIP Dra. Ni Ketut Alit Suarti, M.Pd., dekan FPOK Dr. Imam Syafii, M.Kes., dekan FPMIPA Drs. Sumarjan, M.Si. dan direktur program pascasarjana Prof. Abbas A. Badib, Dipl. TEFL, MA., MA., Ph.D, serta dihadiri juga oleh wakil gubernur Nusa Tenggara Barat, perwakilan dari Kapolda Nusa Tenggara Barat, perwakilan dari Bank BNI, alim ulama, perwakilan dari perguruan tinggi se-Mataram, perwakilan dari Kopertis wilayah VIII, serta undangan lainnya.

Dari wisudawan/wati secara keseluruhan, yang berasal dari Program Pascasarjana Program Studi Magister (S2) Pendidikan Bahasa Inggris IKIP Mataram adalah sebagai berikut:

1. Deni Satriawan (predikat kelulusan Dengan Pujian/Cum Laude)

2. Rahmi (predikat kelulusan Dengan Pujian/Cum Laude)

3. M. Wahyu Hadi (predikat kelulusan Sangat Memuaskan)

4. Sayyidatunnisa (predikat kelulusan Sangat Memuaskan)

5. Hangria Inggur Wirdaminata (predikat kelulusan Sangat Memuaskan)

6. Masyudi (predikat kelulusan Sangat Memuaskan)

7. Musmulyadi (predikat kelulusan Sangat Memuaskan)

8. Yan Reiza Permana (predikat kelulusan Sangat Memuaskan)

9. Ni Putu Ratni (predikat kelulusan Memuaskan)

10. Mul Muliadi (predikat kelulusan Memuaskan)

Dengan lulusnya ke sembilan mahasiswa/i PPs IKIP Mataram ini cukup membanggakan bagi civitas akademika IKIP Mataram pada umumnya dan pada PPs sendiri pada khususnya. Setelah mereka menempuh tahapan akdemik yang ada hingga lulus, termasuk penyusunan tugas mandiri tesis, sebagai bentuk tugas terakhirnya. Tentang tema tesis yang dibuat oleh wisudawan/wati PPs, boleh dikatakan cukup beragam. Umumnya berkaitan dengan pengajaran/pembelajaran bahasa Inggris di kelas. Namun ada beberapa diantaranya memakai tema yang unik di luar pengajaran tapi berkaitan dengan teori berbahasa Inggris. Semisal wisudawan bernama Hangria Inggur Wirdaminata, mengangkat tema tentang penulisan dan diagram pengucapan diftong dalam bahasa Inggris oleh Presiden Jokowi tatkala menghadiri agenda kenegaraan di China Summit Speech 2014. Wisudawan lain yang bernama M. Wahyu Hadi, mengangkat tema tentang sikap Presiden Barack Obama terhadap Islam, yang kaitannya dengan analisis penulisan teks. Adapula yang mengangkat tema tesisnya dengan karya sastra berupa novel dan puisi. Seperti Musmulyadi, mengangkat tema pembahasan deviasi translasi bahasa Inggris ke bahasa Indonesia pada karya sastra bentuk puisi. Sedangkan Ni Puti Ratni, mengangkat tema tentang nilai-nilai yang mendidik pada karakter Harry Potter pada karya sastra novel “Harry Potter dan Tawanan dari Azkaban”. (yud)